Ogoh – Ogoh ST. Putra Sesana 2011

Satu bulan  sebelum perayaan tahun baru caka 1933  st putra sesana  terlebih dahulu mengadakan rapat. Tujuan dilaksanakannya rapat untuk menyapakan persepsi sekaligus memperoleh keputusan yang demokratis mengenai pembuatan ogog-ogoh berkaitan dengan hari raya nyepi 1933. Hasil keputusan rapat bahwa st putra sesana sepakat untuk merancang bangun ogoh-ogoh dengan dana sepenuhnya berasal dari kas st putra sesana. Keputusan ini juga diperkuat oleh kebijakan dari desa yaitu tidak ada larangan untuk membuat ogoh untuk tahun 2011. Kuatnya dasar untuk membuat ogoh2 semakin membangkitkan gairah kreativitas remaja di banjar bingin banjah.  Tingginya keingian untuk berkreativitas ditunjukan dengan pembuatan ogoh yang lebih dini  yaitu di akhir bulan januari walaupun perayaan nyepi bulan maret. Kreativitas ini juga tidak bisa terlepas dari dukungan krama banjar begitu juga para donatur yang telah dengan tulus menyumbangkan moral maupun materi. Semoga kedepan kreativitas seperti ini dapat berlangsung secara positif sebagai salah satu bentuk apresiasi para remaja terhadap budaya dan kesenian.

Proses pembuatan ogoh-ogoh tidak hanya melibat para remaja putra tetapi remaja putri juga terlibat. Ini sebagai komitmen anggota st putra sesana untuk aktif dalam semua dan setiap aktivitas.  Pengerjaan ogoh dilaksanakan secara insidental dan menyesuaikan dengan kondisi para pembuat/perancang. namun secara rata-rata pengerjaan dilaksanakan pada sore dan malam hari. Begitu dininya sudah merancang ogoh sehingga tampak seperti gambar dibawah pembuatan ogoh-ohoh yang sudah selesai

About ST PUTRA SESANA BIBAN
KAMI SEKAA TRUNA TRUNI PUTRA SESANA BANJAR ADAT BINGIN BANJAH DESA PAKRAMAN TEMUKUS. SEKAA INI DIBENTUK BELANDASKAN ATAS NILAI - NILAI ADAT BALI DAN AJARAN AGAMA HINDU. DALAM BOG INI, KAMI INGIN BERBAGI INFORMASI MENGENAI KEGIATAN YANG KAMI LAKUKAN SEBAGAI BAHAN EDUKASI KITA SEMUA DEMI KEAJEGAN DAN KEMAJUAN ADAT BALI DAN HINDU.

One Response to Ogoh – Ogoh ST. Putra Sesana 2011

  1. om swastyastu..
    maaf bli admin,,mhon dibaca dengan seksama dluu,,mungkin bli admin salah baca..link yng mana menrut beli berisi tulisan itu?
    setahu kami,kami tidak pernah mmbuat tulisan yng seperti bli buat itu,,ini bukti link kami https://binginbanjah.wordpress.com/2011/03/02/ogoh-ogoh-st-putra-sesana-2011/,,,
    suksma comentnyaa,,
    ajeg balii..!!!

    om santih, santih, santih om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: