PENGERTIAN HINDU DAN PENYEBARANNYA

Selama ribuan tahun agama punya peran yang vital bagi milyaran orang di seluruh dunia. Menurut suatu penelitian saat ini lebih dari 70% penduduk bumi menganut suatu agama tertentu. Tujuannya tentu saja un
tuk menciptakan rasa damai pada diri sendiri serta dunia dengan segala isinya.

Selain itu agama juga selalu punya pengaruh, ketika seseorang mengalami peristiwa penting dalam hidupnya. Semua agama berada dalam kehidupan manusia untuk menjawab segala macam persoalan kehidupan. Tidak terkecuali dalam hal ini adalah agama Hindu.

Agama Hindu adalah salah satu agama tertua di dunia yang berasal dari Agama ini diperkirakan muncul pertama kali sekitar tahun 1800, sebelum masehi di daerah lembah Indus. Kata Indus sendiri berasal dari bahasa Sansekerta. Namun oleh bangsa Persia kuno kata Indus diucapkan menjadi “Hindu”. Selanjutnya kata “Hindu” ini menjadi sebutan untuk agama.


Pengertian Hindu

Pengertian Hindu terletak pada pemahaman antara badan dan jiwa. Menurut agama Hindu, badan selalu dapat berubah dan tidak sempurna. Sedangkan jiwa itu tidak berubah dan merupakan kebenaran yang mutlak.

Pokok dari pengertian Hindu ini terbagi dalam doktrin-doktrin inti sebagai berikut :

1.    Samsara
Artinya mengembara. Jiwa manusia selalu pindah dari tubuh yang satu ke tubuh yang lain serta dari masa kehidupan yang satu ke masa kehidupan yang lain.

2.    Karma
Karma adalah hukum sebab akibat. Dalam pengertian Hindu, setiap melakukan sesuatu manusia akan menanggung akibatnya. Bila perbuatan yang dilakukan mengandung amal yang baik, maka jiwa manusia tersebut nantinya akan terlahir kembali dengan tingkatan derajat yang lebih tinggi. Demikian pula bila yang terjadi adalah sebaliknya.

3.    Moksha
Merupakan tujuan akhir dari samsara atau pengembaraan jiwa. Setelah mampu mengekang hawa nafsu dunia, jiwa manusia akan dapat kembali kepada kesucian dan menjadi bagian dari Brahman, yaitu dari mana jiwa berasal.


Kitab Suci

Kitab suci agama Hindu menggunakan berbagai bentuk tulisan yang meliputi filsafat sampai dengan legenda dan cerita kepahlawanan. Kitab ini terbagi menjadi dua bagian besar.

1.    Shruti
Shruti artinya adalah “yang didengar”. Merupakan kitab tentang asal mula segala sesuatu.

2.    Smriti
Smriti artinya adalah “yang diingat”. Merupakan kitab tentang asal usul manusia.


Penyebaran agama Hindu

Saat ini ada sekitar 800 juta pemeluk agama Hindu yang tersebar di lebih 160 negara di dunia. 85% atau sekitar 650 juta diantaranya tinggal di India. Sedangkan komunitas terbesar lainnya ada di Hindia Barat, Afrika, Sri Langka, Guyana, Fiji dan Bali.

Di Amerika Serikat sendiri pemeluk agama Hindu diperkirakan ada sekitar 800 ribu orang. Kemudian di benua Eropa juga terdapat komunitas-komunitas kecil pemeluk agama ini. Yang terbanyak di Belanda, ada sekitar 160 ribu umat Hindu tinggal di sana.

Sedangkan untuk komunitas terbesar di luar India, terletak di Britania. Ada kurang lebih 1,2 juta jiwa. Mereka kebanyakan adalah imigran dari Pakistan, Bangladesh, Sri Langka, Indonesia dan lain-lain. Sampai saat ini mereka terus berusaha agar identitasnya sebagai pemeluk agama Hindu tetap terjaga.

About ST PUTRA SESANA BIBAN
KAMI SEKAA TRUNA TRUNI PUTRA SESANA BANJAR ADAT BINGIN BANJAH DESA PAKRAMAN TEMUKUS. SEKAA INI DIBENTUK BELANDASKAN ATAS NILAI - NILAI ADAT BALI DAN AJARAN AGAMA HINDU. DALAM BOG INI, KAMI INGIN BERBAGI INFORMASI MENGENAI KEGIATAN YANG KAMI LAKUKAN SEBAGAI BAHAN EDUKASI KITA SEMUA DEMI KEAJEGAN DAN KEMAJUAN ADAT BALI DAN HINDU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: