ST Putra Sesana ”Ngayah” di Pura Segara Temukus

Pada tanggal 18 Maret 2012 ST Putra Sesana yang mendapat amongan ‘’ngayah’’ di pura segara desa pakraman temukus ikut serta dalam prosesi upacara melasti ini. Terlihat juga kelian banjar adat dusun bingin banjah mendampingi anggota sekee truna truni dalam ritual melasti kemarin. Ritual ini di pimpin oleh 3 pemangku kahyangan tiga, yaitu pemangku dari pura dalem, pura desa, dan pura segara desa pakraman Temukus. Para pemedek sangat ramai, yang datang dari seluruh desa temukus yang membawa pratima-pratima dari mrajan mreka masing-masing untuk di sucikan. Upacara melasti ini di pusatkan di pantai Labuan Aji. Upacara melasti ini juga tidak terlepas dari hari raya Nyepi yang akan datang pada tanggal 23 Maret 2012 ini.

Upacara Melasti adalah salah satu upacara penyucian pralingga/pratima Ida Bhatara yang mana dilakukan dengan mencari sumber mata air yang disucikan. Dalam lontar Sang Hyang Aji Swamandala disebutkan,”melasti ngaranya ngiring prewatek Dewata anganyutaken laraning jagat papa klesa, letuhing bhuwana. Dimana dapat diterjemahkan secara bebas bahwa melasti adalah ngiring sarana para Dewata manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang bertujuan untuk menghanyutkan penderitaan dan menghilangkan kekotoran dunia. Sedangkan pada lontar Sunarigama dijelaskan,”melasti ngaran amet sarining amertha kamandalu ring telenging segara. ” Dapat diartikan bahwa melasti bertujuan untuk mengambil sari-sari kehidupan di tengah samudra. Ritual melasti hendaknya dapat diartikan secara mendalam, bukan hanya sekedar pengertian semata, dan yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat menghilangkan segala mala, papa, klesa dalam diri dengan memperbaiki karma-karma kita lewat ajaran Tri Kaya Parisudha.(wahyu)

About ST PUTRA SESANA BIBAN
KAMI SEKAA TRUNA TRUNI PUTRA SESANA BANJAR ADAT BINGIN BANJAH DESA PAKRAMAN TEMUKUS. SEKAA INI DIBENTUK BELANDASKAN ATAS NILAI - NILAI ADAT BALI DAN AJARAN AGAMA HINDU. DALAM BOG INI, KAMI INGIN BERBAGI INFORMASI MENGENAI KEGIATAN YANG KAMI LAKUKAN SEBAGAI BAHAN EDUKASI KITA SEMUA DEMI KEAJEGAN DAN KEMAJUAN ADAT BALI DAN HINDU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: