Pengrupukan Di Binginbanjah

Kamis, 22 Maret 2012 bertepatan dengan tilem kesanga umat hindu mengadakan upacara mecaru di persimpangan-persimpangan jalan. Upacara ini dilakukan untuk ‘’nyomnye’’ kekuatan-kekuatan negatif yang ada di bumi ini. Semua krama banjar adat binginbanjah terlibat dalam upacara ini tidak terkecuali anggota ST Putra Sesana. Anggota ST ada yang terlibat dalam sekee beleganjur. Hadir pula kelian banjar adat dan dinas binginbanjah.

            Karena besoknya umat Hindu akan melaksanakan catur brata penyepian. Hari raya nyepi ini bertujuan untuk instropeksi diri atau mulat sarira.

Bagian bagia dari catur brata penyepian itu adalah

  1. Amati Geni artinya tidak boleh menghidupkan api.
  2. Amati Karya artinya tidak boleh bekerja.
  3. Amati Languan artinnya tidak bepergian.
  4. Amati Lelanguan artinya tidak mendengarkan hiburan.

Ngembak Geni (Ngembak Api)

            Rangkaian terakhir dari perayaan Tahun Baru Saka adalah hari Ngembak Geni yang jatuh pada “pinanggal ping kalih” (tanggal 2) sasih kedasa (bulan X). Pada hari ini Tahun Baru Saka tersebut memasuki hari kedua. Umat Hindu melakukan Dharma Shanti dengan keluarga besar dan tetangga, mengucap syukur dan saling maaf memaafkan (ksama) satu sama lain, untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih. Inti Dharma Santi adalah filsafat Tattwamasi yang memandang bahwa semua manusia diseluruh penjuru bumi sebagai ciptaan Ida Sanghyang Widhi Wasa hendaknya saling menyayangi satu dengan yang lain, memaafkan segala kesalahan dan kekeliruan. Hidup di dalam kerukunan dan damai.

Foto lainnya:

About ST PUTRA SESANA BIBAN
KAMI SEKAA TRUNA TRUNI PUTRA SESANA BANJAR ADAT BINGIN BANJAH DESA PAKRAMAN TEMUKUS. SEKAA INI DIBENTUK BELANDASKAN ATAS NILAI - NILAI ADAT BALI DAN AJARAN AGAMA HINDU. DALAM BOG INI, KAMI INGIN BERBAGI INFORMASI MENGENAI KEGIATAN YANG KAMI LAKUKAN SEBAGAI BAHAN EDUKASI KITA SEMUA DEMI KEAJEGAN DAN KEMAJUAN ADAT BALI DAN HINDU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: