Proses Pembuatan Ogoh-ogoh tahun 2013

''bison''(1331)       Ogoh-ogoh mrupakan seni patung yang indentik dengan prayaan Nyepi di pulau dewata bali. Setiap menjelang prayaan hari raya Nyepi para muda mudi bali atau lebih sering disebut sekee truna truni di masing-masing banjar dan desa sibuk membuat ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh biasanya menceritakan sesuwatu dan bisa mengambil tema yang berbeda, ada yang bertema pewayangan dan ada juga tema raksasa yang menyeramkan. Hal ini sudah sejak lama ada sebagai tradisi umat Hindu untuk menyambut hari raya Nyepi ini yang datang setiap 1 tahun sekali yang jatuh pada setiap sasih kesanga. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap seni dan budaya bali kepada genersi penerus Bali, yaitu para truna truni sebali.

            Nah, dari hal ini lah STT PUTRA SESANA banjar adat Bingin Banjah, Desa Temukus mengadakan rapat anggota stt untuk membahas rencana pembuatan ogoh-ogoh ini. Acara ini dilaksankan di bale banjar setempat. Dalam rapat ini pula dihadiri oleh Klian Banjar Adat dan Banjar Dinas Bingin Banjah serta mantan ketua stt tahun 2005an yang sering di panggil pak gede bom-bom dan tentunya anggota stt putra sesana. Dalam rapt ini di sepakati bahwa stt akan membuat ogoh-ogoh dan membentuk panitia kecil diman terpilih sebagai ketua ada Bowok. Dan pendanaanya akan membuat proposal yang akan disebar ke beberapa donatur yang berpontensi selain juga iuran wajib dari para anggota stt. Nah, sekarang pembuatan ogoh-ogoh ini sudah berlangsung sekitar 30%. Semoga apa yang kami harapakan berjalan dengan baik dan lancar.

''bison''(1330)

baju 111 copggy

Untuk keseragaman dalam mengarak ogoh-ogoh nantinya para anggota stt akan mengenkan seragam seperti ini.,,
Desaind bay: Betet

About ST PUTRA SESANA BIBAN
KAMI SEKAA TRUNA TRUNI PUTRA SESANA BANJAR ADAT BINGIN BANJAH DESA PAKRAMAN TEMUKUS. SEKAA INI DIBENTUK BELANDASKAN ATAS NILAI - NILAI ADAT BALI DAN AJARAN AGAMA HINDU. DALAM BOG INI, KAMI INGIN BERBAGI INFORMASI MENGENAI KEGIATAN YANG KAMI LAKUKAN SEBAGAI BAHAN EDUKASI KITA SEMUA DEMI KEAJEGAN DAN KEMAJUAN ADAT BALI DAN HINDU.

One Response to Proses Pembuatan Ogoh-ogoh tahun 2013

  1. semangatnya buat ogoh ogoh semoga ogoh ogohnya bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: