Malam Pengrupukan dan Lomba Ogoh-ogoh di Temukus

''bison''(1363)Sehari sebelum hari raya Nyepi biasanya umat hindu mengadakan upacara tawur atau mecaru di persimpangan-persimpangan jalan. Upacara ini sering juga disebut upacara malam Pengrupukan. Di banjar adat bingin banjah di adakan di depan bale banjar setempat. Krama banajar tumpah ruah untuk melakukan persembahyangan yang di pimpin oleh pemuka agama setempat. Upacara ini bertujuan untuk “nyomnye” tau memberi sesajen (caru) kepada buta kala-buta kala agar tidak mengganggu umat pada saat melaksanakan catur brata penyepian. Setelah mereka selesai sembahyang krama lanjut kerumah masing-masing dengan membawa tirta (air suci) untuk mereka juga melaksanakan pecaruan di rumah masing-masing tau sering disebut dengan “mebuu-buu”. Dengan mengitari rumah dan membawa alat pecaruan seperti kulkul,sapu lidi,tektekan,danyuh, dan pelepah kelapa tujuannya juga sama yaitu nyomnye buta kala yang ada dirumah kita dan mengitari rumah sebanyak 3 kali searah dengan putaran jarum jam. Nah itulah prosesi upacara pengrupukan secara umum di bali.

            Tapi, para truna truni berkumpul di bale banjar bingin banjah. Mereka sedang bersiap-siap untuk mengikuti lomba ogoh-ogoh yang diadakan oleh Bendesa adat Temukus berkerja sama denga pihak Polsek Banjar. Yang juri dari lomba ini adalah semua berasal dari anggota polisi Polsek Banjar. Dalam lomba ini stt putra sesana mengambil tema ogoh-ogoh Kala Serenggi Anadah Caru. Selain ogoh-ogoh yang diusung oleh anggota stt ada 2 ogoh-ogoh lagi yang diusung oleh anak-anak kecil (stt junior), namun mereka tidak dinilai karna kami sepakat hanya mengrim satu perwakilan saja atasnama STT PUTRA SESANA BANJAR ADAT BINGIN BANJAH. Kami pun sudah mempersiapkan diri dari sebelumnya. Mulai dari latihan untuk para penegen, kostum serta alur dari cerita ogoh-ogoh kami ini.''bison''(1394)

            Kami pun bergegas ke tempat lomba yang di adakan di sebuah lahan kosong milik oleh-oleh krina yang akan membangun cabanya di desa Temukus. Kami mendapat nomber urut 6. Dan setibanya kami di tempat lomba kami sudah melihat warga yang tumpah ruah memadati tempat lomba. Mereka sangat antusias dengan acara ini karena untuk pertama kalinya lomba ogoh-ogoh di adakan di Desa Temukus. Warga pun tidak hanya berasal dari temukus saja tapi ada juga dari desa lain yang menyempatkan hadir hanya untuk melihat lomba ini. Antusiasme warga sangat bagus begitu juga para wisatawan asing yang kebetulan merayakan nyepi di beberapa penginapan yang ada di temukus sangat senang dengan ada nya lomba ini, meraka sangat kagum dengan kebersamaan warga desa temukus. Kami optimis bisa merebut juara dan kami akan tunjukkan yang terbaik.  ''bison''(1392)

            Dalam lomba ini ada 7 peserta yang mengikutinya. Semua berasal dari desa temukus. Dari banjar-banjar yang ada di temukus yaitu banjar adat Pegayaman, banjar adat Banjar Tengah, banjar adat Labuan Aji, dan banjar adat Bingin Banjah, semuanya mengirimkan perwakilannya bahkan ada yang sampai mengirim 3 ogoh-ogohnya.  Semoga dengan adanya lomba seperti ini dapat memupuk rasa persaudaraan dari kaula muda yang ada di masing-masing banjar. Dan yang lebih terpenting lagi adalah tumbuhnya rasa untuk selalu melestarikan kebudayaan bali. Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 13 Maret 2013 di masing-masing banjar oleh klian banjar adatnya.

About ST PUTRA SESANA BIBAN
KAMI SEKAA TRUNA TRUNI PUTRA SESANA BANJAR ADAT BINGIN BANJAH DESA PAKRAMAN TEMUKUS. SEKAA INI DIBENTUK BELANDASKAN ATAS NILAI - NILAI ADAT BALI DAN AJARAN AGAMA HINDU. DALAM BOG INI, KAMI INGIN BERBAGI INFORMASI MENGENAI KEGIATAN YANG KAMI LAKUKAN SEBAGAI BAHAN EDUKASI KITA SEMUA DEMI KEAJEGAN DAN KEMAJUAN ADAT BALI DAN HINDU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: