AIR TERJUN SINGSING

Salah satu objek wisata alam yang ada di kabupaten Buleleng adalah air terjun Singsing. Air Terjun ini tepatnya terletak di Banjar Dinas Labuhan Aji, Desa Temukus, Kecamatan Banjar sekitar 3 km dari Lovina atau sekitar 12 km dari kota Singaraja.

Sekitar 600 meter dari jalan raya, rombongan pemuda setempat berkumpul di parkiran yang mirip garasi rumah. Mereka adalah pemandu menuju air terjun Singsing. “Kalau tidak dipandu, bisa nyasar turisnya”
Sebenarnya dari tempat parkiran menuju lokasi tidak terlalu jauh, cukup jalan kaki 300 meter mengikuti jalan setapak. Tapi melihat mereka sangat antusias menjual pariwisata daerahnya, kami pun ikut semangat untuk sampai ke tujuan.
Tidak jauh dari air terjun Singsing ini, terdapat monumen Belanda. Monumen ini dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda untuk memperingati gugurnya seorang Perwira tentara Belanda didalam perang Banjar pada tahun 1868. Sekitar tahun 1956 monumen ini dihancurkan karena dianggap menghormati penjajah.
Akan tetapi pada tahun 1992 monumen ini dibangun kembali oleh Pemda Kabupaten Dati II Buleleng dengan maksud bahwa sejarah tidak bisa dihapus, disamping monumen itu juga melambangkan kepahlawanan rakyat Banjar yang mampu menewaskan perwira tentara Belanda.
Air terjun Singsing ada dua dengan sumber air yang sama. Sang Adik atau air terjun pertama memiliki tinggi 10 meter dengan kedalaman 3 meter. “Bisa main terjun-terjunan kalau mau” ujar Ketut dengan semangat menjual pariwisata daerahnya. Dan Sang Kakak, air terjun kedua, tingginya dua kali lipat dari Sang Adik dengan kedalaman 5 meter.Untuk menuju Sang Kakak, harus berjalan lagi kira-kira 100 meter menaiki tangga dan menyusuri tebing.
Suasanya di sana menyejukkan, airnya pun tidak terlalu dingin. Saat itu,  ketika Kami ke sana, pengunjung cuma ada kami dan dua wisatawan mancanegara. “Banyak yang sudah ke sini, mandi-mandi. Tapi kebanyakan emang orang bule” cerita Ketut.
Harapan mereka, air terjun ini semakin dikenal banyak orang sehingga Desa Temukus bisa semakin maju.

About ST PUTRA SESANA BIBAN
KAMI SEKAA TRUNA TRUNI PUTRA SESANA BANJAR ADAT BINGIN BANJAH DESA PAKRAMAN TEMUKUS. SEKAA INI DIBENTUK BELANDASKAN ATAS NILAI - NILAI ADAT BALI DAN AJARAN AGAMA HINDU. DALAM BOG INI, KAMI INGIN BERBAGI INFORMASI MENGENAI KEGIATAN YANG KAMI LAKUKAN SEBAGAI BAHAN EDUKASI KITA SEMUA DEMI KEAJEGAN DAN KEMAJUAN ADAT BALI DAN HINDU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: