Prayaan Pagerwesi Di Bingin Banjah

Bertepatan dengan Hari Raya Pagerwesi seperti biasa para Truna Truni Putra Sesana “ngayah” di pura Ulun Bale Banjar Bingin Banjah. Pada tanggal 19 Juni 2012 sore para truna menghias pura dan membuat penjor. Penjor di pasang di bagian depan pura. Ketua STT mengatakan hal ini memang sudah menjadi tanggung jawab kami sebagi truna truni di banjar adat binginbanjah, selain membantu menggala adat kita sebagai anak muda hendaknya melestarikan budaya bali seperti dalam membuat penjor ini, imbuh Bayu begitu sapaan akrab ketua STT Putra Sesana ini.

Pada hari Pagerwesi para truna truni kembali berkumpul di pura ulun bale banjar, untuk melaksanakan upacara mendak Ida Batara. Upacara ini diikuti pula oleh krama banjar adat binginbanjah lainnnya yang bersuka ria melaksanakan yadnya. Dengan alaunan genta dan iringan gambelan bleganjur yang di mainkan oleh beberapa anggota stt menmbah nilai kesakralan dari upacaara ini. Setelah acara mendak selesai upacara pun dimulai dipimpin oleh pemangku pura ulun bale banjar dan di dampingi oleh klian banjar adat dan klian banjar dinas bingin banjah. Kemudian di ikuti dengan tarian rejang, yang di tarikan oleh truni truni stt putra sesana binginbanjah.

Kemudian acara muspe oleh krama adat pun dimulai, setelah acara muspa selasai di lanjutkan dengan acara ngayah dari truni truni banjar adat binginbajah dengan menmpilak beberapa tarian khas bali, seperti tari blibis. Upacara kali ini pun terasa lebih beda karena banyak yang ngayah dalam upcara ini, baik itu dalam bentuk tarian maupun yang lainya. Semoga kekompakan stt putra sesana ini terus bisa terjaga.

suasana sebelum muspa di jabaan pura

sekee angklung banjar adat binginbanjah

para penari yang sedang bersiap siap

About ST PUTRA SESANA BIBAN
KAMI SEKAA TRUNA TRUNI PUTRA SESANA BANJAR ADAT BINGIN BANJAH DESA PAKRAMAN TEMUKUS. SEKAA INI DIBENTUK BELANDASKAN ATAS NILAI - NILAI ADAT BALI DAN AJARAN AGAMA HINDU. DALAM BOG INI, KAMI INGIN BERBAGI INFORMASI MENGENAI KEGIATAN YANG KAMI LAKUKAN SEBAGAI BAHAN EDUKASI KITA SEMUA DEMI KEAJEGAN DAN KEMAJUAN ADAT BALI DAN HINDU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: